Minggu, 01 November 2015


EKSPERIMEN GUNUNG MELETUS
Assalamualaikum.Wr.Wb. sobat yang berbahagia kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana caranya membuat gunung meletus mini/katalainya eksperimen membuat gunung meletus sendiri sob.
tidak usah lama-lama lagi langsung aja ke TKP.
*Bahan 













1.Cuka
2.Tissue
3.Jeruk nipis
4.Soda kue
5.Botol ukuran 1/2 liter
6.Pewarna merah


  *Ayo bereksperimen
1.isi
-Campur 8 sendok makan cuka, 4 sendok makan air jeruk dan 4 sendok makan air biasa. Masukkan ke dalam botol.
2.Teteskan 
-Tetesi dengan pewarna merah, agar seperti lava asli
3.Timbuni
-Timbuni botol dengan tanah sampai bibir botol.
4.Bungkus 
-Ambil soda kue dan bungkus dengan tissue.
5.Masukkan
-Masukkan bungkusan soda kue tadi kedalam botol yang telah ditimbun tanah.
6.Meluapa 
-Luapan "lava"merah tampak seperti gunung meletus akan keluar.

* Letusan Sesungguhnya 
  -Di dalam gunung berapi terdapat pipa panjang yang masuk ke dalam bumi. Para ahli vulkanologi memperkirakan letusan gunung berapi terjadi karena lava amat pekat sehingga membentuk sumbat. Ledakan hebat akan terjadi jika sumbat terdorong keluar. Selain itu letusan gunung berapi juga bisa terjadi karena benturan dan perpisahan lempengan magma.
-Letusan gunung krakatau di selat sunda pada tahun 1883 begitu kuat danmengerikan. Letusan yang menjadi bencana besar itu meluapkan lava yang mengerikan, dan melontarkan batu batuan sampai setinggi 54 kilo meter!.Gunung berapi yang kita buat ini juga akan memuntahkan lava sehingga kita bisa melihat sebagian proses meletusnya gunung berapi.

*Reaksi Kimia
-Ketika soda kue tercampur dengan larutan jeruk larutan jeruk dan cuka maka akan terjadi reaksi kimia.Cuka ditambah asam dari air jeruk akan bereaksi terhadap soda kue dan mengeluarkan gelembunag gas karbon dioksida akan memaksa larutan merah keluar.
*Apa Guna Air Jeruk Dan Pawarna Merah
Sebenarnya hanya dengan cuka, reaksi kimia dapat terjadi. Air jeruk akan menambah keassaman dan reaksi yang terjadi akan semakin baik. Sedangkan pewarna merah akan membuat lava lebih mirip dengan lava sungguhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

       10 Situs Paling Terlarang Internet tak selalu menjadi dunia digital yang penuh wawasan dan informasi. Terkadang, internet bisa ...